Wajah Baru Honda City
Foto : Noor Zaenuri
Bencana alam di Jepang dan Thailand membuat pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) harus menjadwal ulang launching model baru. Karena keterbatasan waktu, beberapa produk datang nyaris bersamaan. Seperti Honda City yang launching-nya diadakan dalam minggu ini. Padahal, Honda Freed baru datang Selasa (8/5) lalu. Sama halnya dengan Freed, City minor change mengusung wajah baru desain Honda. Coba saja perhatikan desain anyar gril depan. Kesan elegan dan sedikit angkuh terpancar dari aplikasi krom. Ketegasan lekukan gril juga kian terdeteksi. Bumper depan turut mengalami perubahan total. Bentuknya terlihat lebih sederhana dari pendahulunya. Dan seperti Freed, ketiadaan foglamp mengurangi kesan modern pada City. Ke samping, perubahan terjadi pada desain pelek. Retractable side mirror juga sudah menjadi kelengkapan standar. Di belakang, ubahan langsung terlihat pada cluster lampu baru dan bumper yang kini dilengkapi diffuser. Keduanya membuat buritan City terlihat lebih mewah.
Di dalam, aroma sporty tetap terpampang nyata. Tapi cobalah perhatikan beberapa detail, seperti di tengah dasbor. Desain kenop pengatur AC diubah. Demikian halnya dengan panel di tengah dasbor yang sekarang tampak mengilap. Sentuhan juga diberikan pada sisi konsol tengah dan tuas transmisi. Jujur, bukan perkara mudah mencari ubahan pada City ini. Seperti head unit double DIN yang ternyata berubah. Model saat ini dibuat spesifik agar bisa bekerjasama dengan iPod. Lengkap dengan koneksi USB dan Digital Sound Processor (DSP). Masuk ke panel instrumen, pendaran cahaya background biru terang dengan sedikit sentuhan pada desainnya membuat rona dasbor terlihat lebih dinamis. Eco lamp siap membimbing pengemudi untuk berkendara hemat dengan menyala saat kita berjalan santai. Sentuhan juga tampak pada panel pintu dengan penggunaan material fabric lebih halus dan berkesan mahal. Sama halnya dengan penggunaan kelir gelap pada handel pintu yang akan mengunci otomatis saat mobil berjalan. Dan ternyata, cluster power window dan armrest disegarkan dan melaburnya dengan kelir lebih gelap. Honda ingin meningkatkan citra mewah pada City. Mesin tidak mendapatkan sentuhan. Unit 1.497 cc 4-silinder masih dipertahankan. Sama dengan transmisi 5-speed otomatis yang dilengkapi pilihan mode S (Sport) dan paddleshift di balik kemudi. Respons mesin terbilang mumpuni mengikuti kemauan pengemudi, walau akselerasinya bukan yang terbaik di kelasnya. Sudah menjadi pakem seluruh Honda, pengendalian lincah merupakan trademark City yang tidak berkurang sedikit pun. Mobil mudah saja mengikuti olah kemudi dan mampu bertahan di racing line dengan baik. Kesan fun to drive didukung posisi duduk pas dengan kemudi bisa diatur maju-mundur. Entah mengapa, harga mobil yang ditawarkan Honda saat ini bisa dikatakan kemahalan jika dibandingkan dengan rival sekelas. Apalagi jika dikaitkan dengan kelengkapan standard, seperti foglamp atau keyless entry, yang tidak ada di model termahal ini. Memang, kami belum mendapatkan informasi berapa harga jualnya. Tapi menimbang apa yang terjadi pada Freed terbaru yang notabene memiliki gaya ubahan serupa, sepertinya harga jual City tak akan naik.
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penulis : Susanto Ari P
Sumber: http://www.autobildindonesia.com
|