Selasa, 07 Juni 2016

5 Cara Mudah Untuk Menambah Tenaga Mobil Anda

5 Cara Mudah Untuk Menambah Tenaga Mobil Anda

5 Cara Mudah Untuk Menambah Tenaga Mobil Anda
dok http://auto.howstuffworks.com
Washington - Mobil Anda memiliki tampilan yang menarik, serta dilengkapi dengan sound system yang canggih dan interior yang telah dimodifikasi. Mobil Anda pun jadi pusat perhatian dan bahan obrolan dengan teman-teman. Anda juga sangat merawat mobil kesayangan Anda itu, mengganti oli secara rutin, servis setiap bulan, dan sering mencuci mobil.

Namun, akankah lebih menarik lagi jika mobil Anda dapat melaju dengan lebih kencang tanpa perlu memodifikasi mesin secara ekstrem. Tentu akan menjadi sebuah kebanggaan apabila mobil Anda dapat lebih kencang daripada mobil lain yang sama jenisnya.

Karena itu, berikut adalah lima buah tips dari howstuffworks.com untuk membuat mobil Anda melaju lebih kencang tanpa harus mengeluarkan uang banyak.
 
1. Asupan Udara dingin
Ini mungkin adalah hal pertama yang umumnya diberitahukan oleh semua orang untuk menambah daya mobil Anda. Biaya untuk menggunakan udara dingin ini pun tak terlalu mahal.

Teori menyebutkan penggunaan udara dingin lebih padat, jadi lebih banyak udara yang akan masuk ke silinder dan bercampur dengan bensin. Lebih banyak udara juga berarti ada lebih banyak pembakaran, dan lebih banyak pembakaran berarti menghasilkan lebih banyak tenaga, dan menghasilkan tambahan sekitar lima hingga tujuh daya kuda.

2. Meluruskan knalpot
Meluruskan jalur knalpot dari mesin katalisator hingga ke ekor mobil juga turut membantu untuk menambah tenaga mobil. Hal tersebut akan melonggarkan seluruh  sistem sehingga memudahkan gas pembuangan untuk keluar dengan cepat dan mudah.

Mengeluarkan gas tersebut secepat mungkin berarti lebih banyak ruang tersedia untuk udara dan bahan bakar, serta lebih banyak udara dan bahan bakar berarti lebih banyak tenaga dihasilkan.

3. Katalisator bertekanan tinggi
Katalisator berfungsi untuk mengubah bensin menjadi tenaga. Gantilah katalisator mobil Anda dengan katalisator baru yang memiliki tekanan tinggi, kemudian rasakan  perbedaannya ketika menginjak pedal gas. Lakukan hal ini dengan meluruskan knalpot mobil, maka mobil Anda akan mendapatkan dorongan tenaga tambahan yang cukup besar.

4. Ban mobil
Trik lain untuk menambah kecepatan mobil Anda adalah mengganti jenis ban yang digunakan. Gantilah ban mobil Anda dengan yang memiliki alur lebih sejajar dan lurus, bukan yang memiliki alur berliku-liku. Selain itu, cobalah ganti ban mobil reguler Anda dengan ban mobil yang berukuran lebih kecil. Hal itu untuk meningkatkan akselerasi mobil Anda lebih cepat. Anda juga dapat mengganti pelek dengan yang lebih ringan.

5. Reflash
Melakukan reflash terhadap komputer yang mengatur mesin mobil Anda juga dapat membantu untuk meningkatkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin.

Melakukan reflash berarti seluruh program yang mengatur proses pencampuran udara-bensin serta input untuk mengatur tenaga yang dikeluarkan. Namun, proses reflash ini hanya dapat dilakukan pada mobil dengan sistem turbocharged atau supercharged.