Jumat, 21 Agustus 2015

Mengenal Lebih Detail Honda BR-V

Mengenal Lebih Detail Honda BR-V

Aditya Maulana/Kompas.com Sosok Honda BR-V terlihat kompak, meski bisa menampung sampai tujuh penumpang.

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – Honda sengaja memilih Indonesia sebagai tempat "world premiere" dipekenalkan model terbaru, BR-V karena diakui sebagai model yang didesain khusus untuk Indonesia. Produksi dan pemasaran baru mulai bergulir awal tahun depan, tapi pemesanan sudah bisa dilakukan lewat mahar Rp 10 juta.

Lantas, apa yang ditawarkan BR-V selain desainnya yang kekar, sporty, dan mengisi di segmen sport utility vehicle (SUV) kompak? Simak beberapa pemaparan detail BR-V yang berhasil dirangkum awak media Otomania.

Eksterior

Kita mulai dari eksterior. Penampilan depan Honda BR-V seolah mencerminkan ketangguhan dan karakter premium SUV. Bentuk gril, bemper, kap mesin, pijakan kaki, pelindung bawah mesin, dan seolah mampu menterjemahkan keinginan Honda.

Lampu depan dirancang lebih lebar, memberikan tampilan tajam dan lebih luas. Kap mesin yang lebih tebal memberikan tampak depan yang kuat. Fender dan bemper menyatu sehingga menonjolkan tampilan lebih elegen.

Meski BR-V mampu menampung tujuh penumpang dengan komposisi jok tiga baris, tapi dari luar desain tetap kompak, berkat desain Solid Motion Pillar. Lampu belakang sudah LED dengan desain lebar ditambah Tail Gate. Pelek aluminium 16 inci menambah kekar tampilan SUV kompak ini.
Febri Ardani/KompasOtomotif Mesin 1.5L Honda BR-V.

Interior

Agar kabin terasa tetap luas, Honda mendesain bagian lantai secara khusus sehingga bisa membuat ruang kaki penumpang depan jadi lebih lapang. Kursi baris ketiga bisa dilipat rata, dengan komposisi 50:50 dengan mudah, sehingga menambah kelapangan bagasi.

Pendingin ruangan BR-V juga didesain merata, dengan aliran udara dari dasbor, di antara jok baris pertama dan kedua. Guna menambah kenyamanan berkendara khususnya di malam hari, lampu indikator menggunakan cahaya putih, sehingga tidak melelahkan mata.

Multi-Information Display menunjukkan berbagai informasi,  seperti konsumsi bahan bakar, tripmeter, suhu di luar, efisiensi bahan bakar, dan jam pada tampilan layar yang lebih besar. Pengemudi dapat mengakses hanya dengan menyentuh tombol.

Mesin

Honda BR-V dibekali mesin 4-silinder 1,5-liter i-VTEC yang memiliki tenaga maksimum 118,3 tk pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm @ 4.600 rpm. Mesin ini diklaim Honda mampu menghasilkan performa apik, meski irit bahan bakar.

Ada dua pilihan transmisi, enam percepatan manual, didesain dengan kisaran rasio gigi lebih lebar yang sangat sesuai dengan karakteristik dari mesin. Gigi terakhir dapat dicapai pada rasio yang lebih rendah untuk meningkatkan performa saat akselerasi, sementara Honda secara eksklusif juga mengembangkan rasio yang rendah pada gigi kedua untuk meningkatkan kemampuan menanjak dan akselerasi yang lebih halus.

Pilihan kedua, ada transmisi CVT, dijanjikan keseimbangan performa mesin yang responsif dari putaran rendah, namun tetap hemat bahan bakar bahkan di putaran tinggi. Bobot transmisi dibuat lebih ringan meskipun kapasitas torsi dibuat lebih tinggi, sehingga menghasilkan gesekan yang lebih rendah untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Aditya Maulana/Kompas.com Pesanan kabarnya sudah mulai dibuka, tapi produksi baru mulai 2016.

Honda juga membekali BR-V dengan kelengkapan fitur keselamatan aktif dan pasif. Beberapa di antaranya, adalah Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Assist (VSA), dan TCS (Transaction Control System), Hill Start  Assist (HSA), dan Dual SRS Airbag.

Bagi yang punya keluarga dengan anak balita, BR-V sudah menunjang teknologi ISOFIX yang berfungsi mengunci kursi bayi pada bangku penumpang belakang.

sumber : otomania.com