Selasa, 20 Oktober 2015

Komparasi Ford EcoSport Dengan Honda HR-V dan Nissan Juke

Komparasi Ford EcoSport Dengan Honda HR-V dan Nissan Juke

By : Tim Auto Bild


Kami komparasi Ford EcoSport dengan Honda HR-V dan Nissan Juke untuk urusan Kenyamanan, Fun To Drive, dan Value For Money antara Ford EcoSport, Honda HR-V, dan Nissan Juke.
KENYAMANAN
Juke memilikim kesenyapan kabin yang paling buruk Kelapangan kabin yang dimiliki HR-V lebih luas dibandingkan EcoSport Meski memiliki suspensi yang keras, EcoSport diselamatkan dengan jok yang empuk
Sejujurnya kami harus mengakui, bahwa EcoSport sebagai kandidat yang memiliki suspensi terkeras dibanding kedua rivalnya pada Road Test Compact SUV kali ini. Sedangkan Juke Revolt dan HR-V memiliki karakter yang hampir serupa, dengan bantingan yang empuk.
Untuk kenyamanan lainnya, HR-V dan Juke Revolt memiliki kelapangan kabin yang cukup untuk sebuah Compact SUV. Efek dari dimensi yang lebih kecil, akomodasi pun terusik di EcoSport. 
Satu lagi yang menjadi sorotan, yaitu kesenyapan kabin, HR-V menjadi juara karena tersenyap. Catatan kami memperoleh data bahwa angka 31,7 dB untuk kondisi idle. EcoSport pun bisa berbangga hati dengan 34,6dB dan Juke Revolt menjadi yang terberisik diantara tiga kandidat dengan 36,4 dB.3
FUN TO DRIVE
Jika bicara kemampuan berakselerasi, Nissan Juke  Revolt dan Honda HR-V 1.5 secara mengejutkan keduanya menyelesaikan sprint 0-100 km/jam dalam 11,1 detik. Sedangkan Ford Ecosport harus puas dengan catatan waktu yang lebih lambat, 13,6 detik.
Selain performa dalam berakselerasi, posisi duduk juga menjadi aspek yang dinilai dalam parameter kesenangan mengemudi. Ford Ecosport memiliki desain bangku semi bucket dengan posisi duduk yang terbilang tinggi. Posisi duduk ini sedikit kurang terasa menyenangkan, tapi sisi positifnya, visibilitas Anda terbilang baik. Posisi duduk Honda HR-V secara umum menghasilkan impresi berkendara yang rileks. Nissan juke memiliki posisi setir yang terlalu rendah, Anda tampaknya akan sedikit kesulitan mencari posisi duduk ideal ketika mengemudi Nissan Juke.
Urusan handling, Honda HR-V 1.5 E menjadi kampiun dibanding para rivalnya. Handlingnya yang tajam, membuat ia lebih meyakinkan saat dibawa menikung kencang. HR-V 1.5 E pun juga memiliki paddle-shift yang membuatnya sangat mengasyikan untuk apapun gaya berkendara Anda. Ford Ecosport sejatinya membawa handling tajam milik saudara satu platformnya, Ford Fiesta. Tapi rasanya, kami kurang begitu yakin ketika harus bermanuver tajam di mobil ini. Mungkin karena pengaruh posisi ban cadangan yang diletakan pada pintu belakang, yang seharusnya berdampak pada center of gravity mobil ini yang kurang optimal.
Gejala understeer cukup terasa pada Nissan Juke, sehingga ia dirasa kurang meyakinkan ketika diajak bernuver tajam. Untungnya, ia punya mode berkendara istimewa yang tidak dimiliki HR-V 1.5 E dan Ford Ecosport. Mode berkendara D-Mode itu punya 3 pilihan yakni Eco, Normal dan Sport. Ketiga opsi itu dibedakan dari setting transmisi, power steering dan AC. Eco merupakan titik terhemat dan Sport merupakan setting paling bertenaga untuk mengemudi agresif. Anda tinggal mengatur via tombol yang ada di dasbor, dan Juke Revolt bisa menjelma jadi sosok mobil lembut atau garang.
VALUE FOR MONEY
D-Mode yang mampu mengatur mode berkendara, menjadi fitur unggulan di Nissan Juke Revolt Rem parkir elektris hanya tersedia di Honda HR-V 1.5 E CVT Sunroof khas mobil mewah, hadir di Ford EcoSport
HR-V 1.5 E CVT dijual seharga Rp 294 juta (on the road Jakarta). Dengan nilai tersebut, Anda mendapatkan model kendaraan yang paling segar diantara para rivalnya. Meski dari unsur kebaruan, Juke Revolt adalah yang terbaru, tapi ia hanya sekadar Facelift. Fitur-fitur unggulan HR-V 1.5 E antara lain cruise control dan paddle-shift. Fitur ini tidaklah murah dan tak bisa dengan mudah disematkan begitu saja dalam kendaraan tanpa mengubah banyak komponen. HR-V juga memiliki rem parkir elektrik yang mudah diaktifkan via tombol, sehingga membuat ruang kabin lebih sederhana dan modern.
Juke Revolt berwarna interior merah dibanderol dengan harga Rp 299,9 juta (on the road Jakarta), ini menjadikannya sebagai kontestan dengan harga termahal. Dengan nilai tersebut, Anda mendapatkan mobil yang hemat bahan bakar dan fitur-fitur yang tak murah harganya. sebagai contoh, D-Mode dan head unit detachable dengan fitur internet. Belum lagi kenyamanan suspensi dan lampu berteknologi mutakhir yang jarang muncul pada mobil di bawah Rp 300 juta pun sudah diadopsinya.
Ford Ecosport boleh berbangga hati, dengan tipe 1.5 Titanium yang dijual seharga Rp 271,3 juta (on the road Jakarta) membuatnya menjadi kontestan dengan harga paling murah. Meski murah, tercatat Ford Ecosport memiliki fitur yang terbilang juara. Hadirnya sunroof yang biasanya ada di mobil mewah, serta fitur SYNC membuatnya terkesan sangat modern yang sarat teknologi.
  
source : autobild.co.id